Rekam Jejak Permainan/Olahraga Balap Sepeda

Oleh : ftrrahman | 2022-04-08 14:01:44

Balap sepeda sebagai olahraga resmi dimulai pada tanggal 31 Mei 1868, dengan perlombaan 1.200 meter (1.312 yard) antara air mancur dan pintu masuk ke Saint-Cloud Park (dekat Paris). Pemenangnya adalah James Moore, seorang ekspatriat Inggris berusia 18 tahun dari Paris. Pada tanggal 7 November 1869, perlombaan kota-ke-kota pertama diadakan antara Paris dan Rouen; Moore kembali menjadi pemenang, setelah menempuh jarak 135 km (84 mil) dalam 10 jam 25 menit, termasuk waktu yang dihabiskan untuk berjalan dengan sepedanya mendaki bukit yang lebih curam. Sementara balap jalanan menjadi umum dalam beberapa tahun terakhir di benua Eropa, di Inggris kondisi jalan yang memburuk membuat mereka tidak cocok, dan oleh karena itu olahraga di sana terfokus pada trek atau ujian waktu.
Di Negara Amerika, balapan tercatat pertama diadakan pada 24 Mei 1878, di Boston, dua tahun setelah dimulainya bisbol profesional dan 13 tahun sebelum bola basket ditemukan. Hampir semua balapan awal Amerika berada di trek, dalam balapan panjang terkadang menggunakan alat pacu jantung yang melaju di depan kontestan dengan kecepatan cepat dan kemudian turun. Pada tahun 1890-an ada sekitar 100 jalan tanah, semen, atau kayu di seluruh negeri, terutama di kota-kota besar. Lebih dari 600 profesional melakukan perjalanan di sirkuit nasional ini, yang berkisar dari Boston hingga San Francisco, dengan kompetisi di kota-kota seperti St. Louis, Salt Lake City, Denver, dan Los Angeles. Olahraga ini mendapat dorongan publisitas yang sangat besar pada tanggal 30 Juni 1899, ketika salah satu pengendara ini, Charles M. Murphy, naik di jalur kayu di belakang kereta Long Island Rail Road dan menempuh satu mil dalam 57,8 detik, mendapatkan julukan Mile-a-Menit Murphy.
Bentuk balap yang sangat melelahkan berkembang di Amerika Serikat pada tahun 1890-an: balapan selama enam hari, 142 jam (karena balapan biasanya dimulai pada tengah malam dan berakhir, enam hari kemudian, pada jam 10 malam) kompetisi nonstop dengan hadiah hingga $10.000 dan pebalap internasional. Bentuk balap ini berubah dengan perubahan dari tim satu orang menjadi tim dua orang pada tahun 1899, dan balapan enam hari mempertahankan popularitas mereka hingga tahun 1930-an. Meskipun tidak lagi diadakan di Amerika Serikat, balapan ini terus menarik banyak orang di Belgia, Italia, Prancis, dan Jerman.
Tags : Sejarah, Balap Sepeda, Games, Olahraga