Game Termahal di Dunia Harganya Bisa Mencapai Belasan Juta!

Bermain video game, umumnya menjadi salah satu hiburan yang dapat kita mainkan pada waktu luang, namun apa jadinya jika terdapat beberapa game termahal di dunia yang dijual di platform Steam bisa bikin kantong kita jebol. Pasalnya dengan menghabiskan uang tersebut bisa kita gunakan untuk berlibur bukan?

Ya, namun pemikiran semacam itu mungkin tidak sepenuhnya benar. Nah begitu mahalnya, harga game ini dapat setara ponsel kelas flagship. Steam sendiri menjadi platform distributor video game online yang memungkinkan kita dapat membeli berbagai macam judul dan menyimpan game tersebut di perpustakaan digital atau cloud. Platform yang telah dikembangkan pada 2002 dan akhirnya diluncurkan pada 2003. Namun, baru populer pada 2005.

Steam sendiri telah memiliki 47 juta pengguna aktif tiap harinya. Game yang dijual di platform mereka memiliki harga beragam. Mulai Rp40 ribu-Rp70 ribu bahkan ada beberapa game yang gratis dan bisa juga mencapai jutaan rupiah.

Nah pada ulasan kali, kami telah merangkum beberapa gane dengan harga termahal bahkan ada yang dibanderol dengan harga belasan juga. Penasaran? Yuk kita simak ulasannya.

VR-CPR Personal Edition

Harga: Rp1,7 juta
Developer: Studio Evil, IRC Edu
Rilis : 6 Mei 2019

Game VR-CPR Personal Edition merupakan game simulator bagi petugas kesehatan ataupun orang awam untuk bisa melakukan CPR (cardiopulmonary resuscitation). Resusitasi jantung paru-paru atau CPR adalah tindakan pertolongan pada orang yang mengalami henti napas. Meski demikian, dengan harga yang semahal itu dan fitur terbatas, game ini dianggap terlalu berlebihan.


NBA 2K21 Mamba Forever

Harga: Rp1,4 juta
Developer: Visual Concepts
Rilis: 4 September 2020

Game NBA 2K pertama kali dirilis pada 1999. Meski berusia lebih dari dua dekade, seri game ini tetap populer di kalangan gamer. Pada 2021, MBA 2K21 dirilis bersamaan dengan edisi khusus Mamba Forever. Edisi standaranya hanya Rp860 ribu di Steam. Tapi, edisi khusus Mamba Foverer dibanderol Rp1,4 juta. Pengguna mendapat mata uang virtual tambahan dan Koleksi Digital Kobe Bryant.


VRemedies: Radiotherapy Procedure Experience

Harga: Rp2,8 juta
Developer: StaplesVR
Rilis: 9 Mei 2018

Game ini menyajikan VR dan berhubungan dengan aktivitas medis. Pada game ini akan membuat kita merasakan prosedur rumah sakit seperti CT scan dan radioterapi. Menurut pengembang StaplesVR, simulator ini dirancang agar pasien bisa mendapatkan gambaran tentang apa yang akan mereka alami sebelum menjalani prosedur tertentu. Tapi, simulator ini dianggap terlalu mahal.


Super Fight

Harga : Rp2,8 juta
Developer: LGe
Rilis: 25 Maret 2020

Game ini telag dianggap sebagai scam di Steam. Sebab, dengan harga yang sangat mahal, game ini hanya menyajikan fitur yang terbatas. Game tersebut hanya memiliki satu level dengan dengan desain yang sangat sederhana. Termasuk penggunaan latar gambar yang statis. Bahkan pengembang LGe tidak memiliki portofolio game lainnya. Seorang pengguna menyebut Super Fight bahkan tak layak diunduh meski gratis.


The Ascent: Free-Roaming VR Experience

Harga: USD999 Rp14 juta
Developer: Fury Games
Rilis: 27 Desember 2019

Dengan banderol USD999, The Ascent: Free-Roaming VR Experience adalah game termahal yang dipasarkan di Steam. Salah satu keunggulan game ini adalah sangat realistis dan imersif. Pengguna bisa bergerak bebas di lingkungan VR dan melawan monster. Bahkan game tersebut juga digunakan oleh beberapa perusahaan penyedia layanan penyewaan perangkat VR yang ada di pusat perbelanjaan.